Wednesday, May 20, 2009

Bor untuk kepala

Seorang dokter di Australia mempergunakan alat bor untuk bangunan guna membuka tengkorak seorang anak dan menyelamatkan nyawanya.

Langkah itu diambil karena sang pasien mengalami penggumpalan darah di otak, sementara rumah sakit kekurangan peralatan medis yang diperlukan.

dr Rob Carson melakukan operasi terhadap Nicholas Rossi (13), setelah anak itu jatuh dari sepeda dan kepalanya terbentur.



Ayah pasien mengatakan bahwa keputusan dokter untuk melakukan improvisasi peralatan berhasil menyelamatkan anaknya. "Ini bukan prestasi pribadi, ini hanya melakukan tugas saja," ujar dr Carson.

Nicholas Rossi tampak dalam keadaan stabil sesaat setelah jatuh dari sepedanya. Namun, ibunya yang seorang perawat melihat bengkak di kepalanya dan memutuskan untuk membawa dia ke rumah sakit setempat. Sesampainya di rumah sakit, Nicholas antara dalam keadaan sadar dan tidak sadar.

"dr Carson datang dan mengatakan, 'Saya harus membuat lubang di tengkoraknya untuk membuang tekanan di otaknya.' Kita hanya punya satu kesempatan," ujar ayah pasien itu.

Rumah sakit kecil tidak memiliki alat operasi khusus sehingga tim medis harus mempergunakan alat bor bangunan.

dr Carson menelepon seorang ahli bedah saraf yang memberi bantuan kepadanya dalam melakukan operasi tersebut dengan memberi tahu lokasi di kepala untuk dibor dan seberapa dalam. Setelah operasi ini, Nicholas Rossi dibawa ke rumah sakit yang lebih besar di Melbourne.

2 comments:

eri-communicator said...

Sulit untuk membayangkan bagaimana kalau kepala kita di Bor.

fikkus said...

aduh...anak sekecil itu dah dilubangi kepalanya pake bor bangunan lagi.gak kebayang deh klo ak yang dibor kepalanya