Friday, February 6, 2009

Nasehat yang dicerna dengan baik

Suatu hal yang menjadi sorotan masyarakat sekarang ini adalah krisis moral yang semakin menghawatirkan. bukan seorang dewasa yang jadi pelaku tidak bermoral,sekarang hampir seluruh kalangan terkena krisis ini.terutama anak-anak yang masih di bangku sekolah.diperkosa,dibunuh,disodomi,di tangkap dsb.apakah yang sebenarnya terjadi sehingga hal yang diluar kebiasaan ini terjadi.apakah kita tidak merasa iba semenjak anak-anak sudah menjadi korban tidak bermoral itu. pangkal utama adalah pengaruh lingkungan yaitu orang tua .jika seorang anak terbimbing dengan baik,saya yakin hal yang tidak bermoral tadi bisa di hindari.dengan cara menasehati anak adalah suatu cara bentuk tindakan yang harus diambil,sebelum anak itu dilepas kedalam lingkungan yang beragam di luar rumah.jaman sekarang ,kita sadari banyak hal-hal yang bisa membuat seorang anak terlepas mengontrol pergaulan mereka.ada yang merokok,berjudi,minum dsb. satu kunci menasehati mereka adalah tidak akan ada yang tersakiti selagi seseorang itu sadar kalau disakiti itu bukan sesuatu yang kita inginkan.pilihlah waktu yang sesuai untuk menasehati ,jangan waktu kejadian sudah terlanjur dengan cara marah-marah dan sebagainya.waktu itu adalah dimana seseorang itu sudah bisa menerima apa yang akan kita inginkan darinya.dekati,dan buat ia membuka segala yang ada dalam hatinya saat itu.mulailah dari lingkunga yang paling kecil yaitu keluarga.kalau tidak dilakukan,akan terjadi hal di jaman kita ini.bagaimana di jaman anak cucu kita nanti?

2 comments:

Anonymous said...

Memang seharusnya di mulai dari awal pendidikan itu mas :) Sebagai contoh, saya baru bisa merokok setelah saya kuliah. Walaupun waktu itu saya masih di biayai orang tua, tetapi saya membeli rokok dari duit beasiswa (halah..., sama aja ya mas ya hehe...). Oh ya mas, saya agak terganggu waktu membaca tadi, ada tampilan slide photo yang menutupi sebagian postingan. Kenapa ya? :S

Kurniadi Bulhani said...

itu mah HTML yang masalah mungkin di tempat pakguru gak bisa baca sama seperti ditempatku,makasih infonya anda blogernya bagus pak!!!